Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 7 Fakta Makam Firaun Yang Hebohkan Dunia

Raja Tut dan Belati mesir
Foto: AFP

Jakarta -

Firaun tengah hangat dibicarakan di media biasa belakangan ini terkait video trend pernyataan Cak Nun. Namun tahukah kau makam salah satu Firaun atau Raja Mesir, Tutankhamun atau Raja Tut, yang didapatkan November 1922 sempat menggemparkan dunia ketika itu.

Peristirahatan terakhirnya itu didapatkan dalam keadaan hebat dan begitu juga barang-barang yang ada di sana, tergolong benda-benda mewah.

Tak cuma itu, ada bumbu-bumbu berupa dongeng kutukan yang konon menimpa tim yang menggalinya, walau pasti sebatas mitos. Nah, berikut 7 fakta mengenai makam Raja Tut yang dikutip detikINET dari Fox News.

7 Fakta Makam Firaun yang Hebohkan Dunia

1. Kapan kuburan Raja Tut dibangun dan seberapa besar?

Menurut National Geographic, makam Raja Tut dibangun lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Dilaporkan ada 5 ruangan di komplek kuburan Sang Firaun, tergolong ruang koridor, ruang depan dan pastinya ruang untuk pemakaman.

Kementerian Pariwisata Mesir menyebutkan bahwa ruang pemakaman Raja Tut ukurannya 6 kali 4 meter serta memiliki sarkofagus luar persegi panjang yang ada hiasannya. Raja Tut meninggal dunia di usia sekitar 19 tahun pada 1323 Sebelum Masehi.

2. Lokasi kuburan Raja Tut

Seperti Firaun Mesir lain, makam Raja Tut dibangun di lokasi yang disebut Lembah Para Raja dan terletak di bawah tanah. Sesuai namanya, Lembah Para Raja ialah kawasan pemakaman kerajaan bagi para pemimpin nasional dan darah biru powerful, lokasinya di tepi barat Sungai Nil, di seberang kota Luxor.

Makam di Lembah Para Raja dari era ke-16 hingga ke-11 SM dibentuk dari batu. Sedangkan Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir menyatakan peti Raja Tut yang dibikin dari kuarsit dengan dekorasi empat yang kuasa yang digambarkan dengan sayap terentang di tiap sudutnya.

3. Jumlah obyek yang didapatkan di makam Raja Tut

Banyak sekali benda didapatkan di kawasan pemakaman Raja Tut. Menurut Smithsonian Magazine, ada sekitar 5.000 obyek didapatkan dan belum seluruhnya diteliti dengan detail.

Benda-benda itu tergolong kain mewah, sandal emas, topeng emas yang ikonik, perisai dari kulit cheetah, bir, anggur, minyak dan masih banyak lagi jenisnya.

4. Ada mumi lain di makam Raja Tut

Komplek pemakaman Raja Tut tidak cuma menyimpan benda-benda purbakala, namun ada juga mumi insan lain, tergolong dua anaknya yang meninggal dalam kandungan. Keduanya gres berumur antara 25 hingga 37 minggu.

Ada pula jasad hewan berupa anjing, yang diyakini yakni anjing pemburu berjulukan Abuwtiyuw. Anjing ini diyakini dikembangbiakkan di zaman Mesir Kuno selaku peliharaan dan pelindung insan kala itu.

Halaman selanjutnya, nilai kuburan Raja Tut>>>

5. Nilai kuburan Raja Tut

Kuburan Raja Tut bernilai sungguh tinggi. Menurut observasi yang dibesut oleh International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID), total harta karun yang didapatkan bermanfaat sekitar USD 26 juta.

Adapun peti matinya saja disebut punya nilai sekitar USD 1, 7 juta. Pada masa silam, diyakini sebagian benda bernilai di kuburan Raja Tut telah ada yang dijarah.

6. Penemu kuburan Raja Tut

Kuburan Raja Tut didapatkan oleh pakar arkeolog asal Inggris, Howard Carter, pada 4 November 1992. "Itu yakni panorama yang melampau apapun dan kami tidak pernah berkhayal untuk melihatnya," kata Carter ketika itu.

"Kami terkagum-kagum oleh keayuan dan keelokan seni yang terpajang di sana, melebihi semua yang sanggup kami bayangkan, kesannya luar biasa," tambah dia.

7. Lokasi jasad Raja Tut sekarang

Mumi Raja Tut masih ada di area kuburannya, di Lembah Para Raja. Untuk menjaganya, jasad sang raja berada di peti dari beling yang sanggup dikelola iklimnya.

Jasad Raja Tut sanggup disaksikan oleh penduduk biasa maupun turis. Kementerian Pariwisata Mesir menyebut jasad raja Tut sanggup disaksikan saban hari dari jam 07.00 pagi hingga pukul 17.00 sore.



Simak Video "Saat Prabowo Lepas Baju dan Jam Tangan Dikasih ke Jemaah Maiyah"
[Gambas:Video 20detik]

Posting Komentar untuk "Ini 7 Fakta Makam Firaun Yang Hebohkan Dunia"